Lament at Changmen Palace Bahasa Indonesia Chapter 1

Baca Novel Lament at Changmen Palace Bahasa Indonesia : Chapter one shoot


Meratap di Istana Changmen

- Catatan -

Novel ini menceritakan kisah nyata antara Kaisar Han Wudi (Liu Che) dan istri pertamanya, Ratu Chen Jiao yang digulingkan. Kisah mereka telah dienkapsulasi menjadi idiom cina yang disebut "金屋藏娇" (jīn wū cáng jiāo), yang secara harfiah berarti 'menempatkan (Chen) Jiao ke rumah emas'.

Pepatah ini berawal ketika, di masa kecilnya, Kaisar Han Wudi menyatakan bahwa jika dia bisa menikahi sepupu sepupunya yang cantik, Chen Jiao, sebagai istrinya, dia akan menghargainya dengan segenap hatinya sampai pada tahap membangun sebuah istana emas untuk dijalaninya. Kemudian, meski Han Wudi menikahi Chen Jiao, dia akhirnya kehilangan dukungannya. Setelah dituduh berkecimpung dalam ilmu sihir, dia digulingkan.

Meskipun Chen Jiao sering digambarkan sebagai Ratu yang cemburu, novel ini mencoba untuk melihat sejarah dari sudut pandangnya.

Istana Changmen, secara harfiah diterjemahkan, berarti Istana Long Gate.


Satu

Angin sepoi-sepoi terasa menenangkan; Matahari menggantung tinggi di langit.

Di dalam dinding megah istana kekaisaran Han, beberapa sudut terasa dingin dan sepi sementara yang lain sibuk dengan aktivitas.

Mungkin Anda tidak akan pernah mengalami kesepian seperti itu. Karena Anda adalah Langit yang dikagumi oleh semua orang awam, pria paling diinginkan di hati semua wanita di istana kekaisaran.

Aku berdiri di teras Istana Changmen, tatapanku jauh ke kejauhan saat mataku mengikuti sosokmu.

Pada saat ini, kasih sayang di mata Anda tidak dapat disembunyikan saat Anda menatap Wei Zifu dengan saksama. Saya tidak sedih, saya juga tidak marah atau cemburu. Hanya saja, dingin telah menenggelamkan cakarnya ke dalam hatiku, menyatu dengan keputusasaanku yang semakin meningkat.

Perlahan, saya mulai mempercayai kata-kata yang pernah dikatakan ibu saya: semakin Anda mencintai, semakin Anda berdiri untuk kalah.

Dan aku - aku telah kehilanganmu

Dua

Istana Changmen adalah istana emas yang Anda bangun untuk saya. Saya selalu berpikir bahwa itu adalah sebuah istana yang mewakili kisah cinta kita - sebuah dongeng dimana kita memiliki masa bahagia di depan kita.

Lalu, kamu masih muda. Begitu muda. Saat itu saat perjamuan ayah saya di Istana Guantao tempat kami pertama kali bertemu. Ibumu memegangi tangan Anda saat Anda mengamati seluruh ruangan, mata Anda diterangi rasa ingin tahu anak-anak.

Akhirnya, tatapan Anda mendarat di wajah saya. Sepasang mata cerah dan cerah bertemu denganmu, mengingatkan pada danau di taman kekaisaran.

Ibuku, Putri Penatua Guantao, adalah seorang wanita dengan ambisi besar. Dia memandang saya sebagai alat dalam usahanya untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan dan pengaruh.

Dia mengatakan kepada saya bahwa wajah saya sudah cukup untuk menaklukkan hati semua pria.

Kecuali, pada suatu pagi, wajah saya tidak berdaya dalam menaklukkan wanita bernama Li Ji. Li Ji adalah ibu dari Putra Mahkota, Liu Rong. Ketika ibuku mengusulkan agar Liu Rong dan aku menikah, aku ditolak karena permusuhan lama antara ibuku dan Li Ji.

Jika saya tidak ditolak dengan cara seperti itu, ibu saya tidak akan pernah begitu marah dan terhina. Dia juga tidak akan bergabung dengan Wang Zhi, ibumu. Lalu, kita tidak akan pernah bertemu.

Bertahun-tahun kemudian, saat aku berdiri di dalam istana Changmen yang dingin dan menatap ke arah Istana Changle, aku masih ingat, tahun itu, kau pernah berjanji untuk membangun istana emas dan menghargaiku dengan segenap hatimu jika aku memberikan milikku pada kamu.

Anda pasti sudah lupa kata-kata Anda.

Ketika Anda mengatakan kepada saya bahwa Anda ingin menjadikan Wei Zifu sebagai permaisuri Anda, Anda pasti sudah mulai melupakannya.

Tiga

Semua orang mengatakan bahwa pernikahan kami hanyalah sebuah pernikahan politik. Ibumu ingin menjadi Ratu sementara aku ingin aku menjadi Permaisuri masa depan. Bersama-sama, mereka berdua merencanakan dan menghitung, sampai akhirnya mereka berhasil menarik Putra Mahkota, Liu Rong, di luar takhta.

Liu Rong meninggal dengan tragis. Dia dipermalukan dan dia meninggal dengan duka dan ketidakadilan yang tak terhitung. Yang dia inginkan hanyalah air, namun tak seorang pun di dalam istana yang berani menawarnya secangkir itu.

Saat aku pergi, matanya masih cerah dan bersinar. Dengan suara kecil, dia membisikkan sesuatu ke telingaku.

Tidak ada yang tahu bahwa kata-kata terakhir Liu Rong kepada saya adalah bahwa dia mencintaiku.

Dia mencintaiku, tapi dia tidak bisa.

Dulu, alasan sebenarnya ibunya menolak tanganku dalam pernikahan adalah karena dia tidak bisa membiarkan anaknya sebagai Kaisar masa depan untuk memiliki cinta - sebuah kelemahan.

Saat dia mengucapkan kata-kata terakhirnya kepadaku, kebencian di matanya memudar. Dengan ketenangan itulah dia menerima kematiannya.

Aku menangis keras. Keempat dinding kamarnya menjadi saksi kesedihanku.

Itulah pertama kalinya saya berhadapan dengan kematian. Aku menatap Liu Rong saat tubuhnya mulai diam, sampai tidak ada lagi gerakan lagi.

Saya pikir itu adalah hari dimana Anda memeluk saya. Untuk waktu yang lama, Anda tidak mengucapkan sepatah kata pun. Tanpa pertanyaan, Anda berduka. Anda telah kehilangan kakak laki-laki, bahkan jika Anda berdua tidak pernah berhubungan dekat. Anda bergumam bahwa Pangeran Mahkota seharusnya pergi ke Surga karena dia tidak salah.

Satu-satunya kesalahannya adalah terlalu baik dan tidak bersalah.

Hari itu, kami duduk di bawah pohon tua, menatap diam di bulan di langit. Kami berdua tidak mau kembali ke istana yang tidak berperasaan. Anda bilang, bukankah karena Anda dilahirkan dalam keluarga kekaisaran, hidup akan jauh lebih sederhana. Anda pasti bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam setiap hari, tanpa melalui perjuangan untuk mendapatkan kekuatan.

Semuanya akan tenang; dalam damai.

Kami duduk di sana dari malam sampai subuh tiba keesokan paginya, saat kami ditemukan oleh pelayan istana.

Tidak lama kemudian, saya menikahi Anda untuk menjadi Putri Mahkota Anda. Saya ingat bahwa pada hari pernikahan kami, ribuan rakyat jelata berbaris di jalan Chang'an saat mereka merayakan bergabung.

Saat aku duduk di dalam tandu kekaisaran, aku memiliki mimpi yang panjang dan indah. Saya bermimpi bahwa ketika akhirnya saya menjadi wanita tua, Anda masih pria yang memegang tangan saya. Dalam mimpiku, kau juga telah memasuki seorang pria tua yang tidak bisa dikenali, wajahmu berkerut keriput.

Tapi kau tersenyum padaku saat kau memanggil namaku: Ah Jiao, Ah Jiao.

Saat aku terbangun, kau berdiri di samping joli. Dengan suara lembut dan dua mata penuh dengan kasih sayang yang lembut, Anda berkata kepada saya, Ah Jiao, mulai sekarang, Anda akan menjadi permaisuri hanya saya.

Anda membawa saya ke Istana Changmen.

Mataku disambut dengan emas, bersinar sangat cemerlang di bawah sinar matahari. Anda berpaling kepada saya dan mengatakan bahwa Anda akhirnya memenuhi janjimu - Anda telah membangunkan saya sebuah istana emas.

Tanpa peringatan, air mataku jatuh. Ternyata, kata-kata yang Anda katakan begitu sembarangan hari itu berasal dari lubuk hati Anda.

Tanyaku, kenapa kamu masih ingat?

Anda mengatakan bahwa Anda ingat setiap janji yang pernah Anda lakukan terhadap saya.

Bahwa Anda tidak pernah melupakannya.

Anda mengatakan bahwa saya adalah satu-satunya wanita yang Anda, Liu Che, pernah cintai.

Bahwa aku satu-satunya permaisurimu; bahwa di masa depan, aku akan menjadi satu-satunya Ratu Han Agung; bahwa Anda hanya akan mencintai saya dalam masa hidup kita.

Janji yang Anda buat kemudian tulus.

Mereka tulus, jadi mereka juga tidak berperasaan.

Pertama, saya seharusnya tidak memperlakukan mereka sebagai sumpah untuk selamanya. Kecuali, kita wanita sering memikirkan hal-hal yang diatur dalam batu. Bagi Anda, sebuah janji bisa diberikan secara sembarangan, seperti kebohongan yang bisa diucapkan dengan ceroboh. Pada akhirnya, cinta kita dibangun dengan kecerobohan.

Pada masa itu, kisah cinta kita menyebar seperti api di seluruh negeri. Di dalam Han Besar, wanita mana yang tidak membuatku iri, seseorang yang tinggal di istana emas yang telah dibangun oleh Kaisar untukku?

Memang. Sama seperti Anda seperti yang telah Anda sumpah, Anda mencurahkan semua cinta Anda kepada saya.

Ketika Anda akhirnya naik tahta, saya menjadi Permaisuri Anda.

Semuanya baik-baik saja.

Kecuali, ibuku, orang yang berkomplot untuk membawa Anda ke tahta Anda bertahun-tahun yang lalu, terus berusaha mendapatkan pujian atas prestasinya.

Dia sombong, dan telah dibesarkan seperti itu. Dia berpikir bahwa setiap orang akan menanggung kesusahan dan kesedihannya seperti yang dilakukan ayahku. Tak lama kemudian, dia mengingatkan Anda akan perannya dalam kenaikan Anda, menuntut Anda untuk memperlakukan saya dengan baik, atau dengan mudah dia bisa menarik Anda dari takhta Anda seperti dia telah membantu Anda untuk menjadi raja.

Dia mengucapkan kata-kata ini hanya untuk mengancam Anda.

Tapi dia tidak pernah tahu bahwa yang paling Anda benci adalah terancam.

Mungkin, inilah alasan mengapa Anda mulai menjauhkan diri dari saya.

Empat

Istana Changle.

Istana Changle secara tradisional merupakan tempat tinggal para Permaisuri Han Agung. Kecuali, aku jauh lebih bersedia untuk terus tinggal di lingkungan Changmen. Jadi, dalam beberapa tahun ketika saya masih menjadi Ratu, Istana Changle tetap kosong.

Aku tidak tahu betapa megah atau mewahnya Istana Changle. Saya tidak peduli dengan hal itu, sama seperti saya tidak peduli dengan gelar saya sebagai Ratu Han Besar.

Satu-satunya hal yang penting bagi saya adalah Anda.

Aku tinggal di Istana Changmen hanya karena itu adalah istana dongeng yang telah kau ciptakan untukku. Kupikir jika aku tetap berada di dalam benteng ini, dongeng kita akan bertahan seumur hidup.

Sampai suatu hari, gelembung itu meledak dan wanita lain pindah ke Istana Changle.

Baru saat itulah aku akhirnya mulai mengerti betapa rapuh cinta seorang pria.

Lima

Semuanya dimulai di manor Putri Pingyang.

Itu ada di mana Anda pertama kali bertemu dengan Wei Zifu. Saat itu, saya duduk tepat di sebelah Anda. Ketika penyanyi cantik yang berpakaian dengan sutra warna-warni menenun tarian yang mempesona untuk kita, jiwamu ketagihan dalam sekejap.

Aku melihat tanganmu, yang tanpa sadar mengulurkan tangan.

Aku membeku, lalu bertanya, apakah semuanya baik-baik saja?

Anda menarik kembali tangan Anda dan mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja.

Tapi Anda tidak pernah tahu bahwa ekspresi di mata Anda mengkhianati Anda.

Ketika lagu dan tarian itu berakhir, Anda dengan cemas bertanya kepada Putri Pingyang atas nama penyanyi itu.

Pada saat itulah saya pertama kali mengerti bahwa dalam kisah cinta, ada sebuah kata yang disebut cemburu.

Aku cemburu pada penyanyi itu, cemburu dengan cara dia bisa merayumu. Aku iri pada masa mudanya, iri dengan cara yang dia bisa lakukan sesuka hatinya, untuk menggunakan segala macam tipuan yang sesuai dengan statusnya yang rendah untuk mendapatkan pertolonganmu.

Anda tidak pernah tahu bahwa saya juga penari yang hebat. Lebih baik, bahkan, dari pada nyonya rumah itu. Kecuali, dia hanya menari untuk mendapatkan perhatianmu, sementara aku hanya bisa menari untuk diriku sendiri.

Ibuku tidak pernah mengizinkanku berdansa. Dia mengatakan bahwa gadis-gadis yang menari sangat rendah, dan seperti bangsawan, bagaimana kita bisa menurunkan diri untuk ikut serta dalam olahraga yang inferior?

Jadi, saya tidak pernah berdansa untuk Anda.

Jika saya tahu bahwa Anda akan mudah dipikat oleh wanita yang bisa menenun tarian yang mempesona, saya pasti telah meninggalkan semua kesopanan untuk menari untuk Anda.

Hari itu, saya kehilangan kesabaran dengan Anda. Menangis saat aku menggunakan kata-kata yang berisi kebencian dalam menuntut penjelasan darimu.

Jika, pada saat itu, Anda telah menepuk bahu saya, atau hanya tinggal di sisi saya, maka mungkin saya akan terus percaya bahwa cinta Anda terhadap saya tetap tidak berubah.

Tapi Anda berbalik dan pergi tanpa melirik kedua.

Anda mengatakan bahwa saya menjadi semakin tidak beralasan. Anda memperingatkan saya untuk tidak pernah lupa bahwa Anda adalah Kaisar. Bahwa dunia adalah milikmu untuk diambil.

Malam itu, Anda kembali ke istana Putri Pingyang.

Anda menghabiskan malam dengan seorang penyanyi bernama Wei Zifu.

Persis seperti itu, Anda mengkhianati janji kita.

Enam

Tidak lama kemudian, dengan suara pelan, Anda mengatakan kepada saya bahwa Anda akan memberi Wei Zifu judul permaisuri Anda. Anda tegas dan Anda tegas. Saya tidak diberi kesempatan untuk melakukan protes.

Pada saat itu, kebencian dan ketidakadilan yang telah terakumulasi dengan hati saya meledak. Aku berteriak padamu. Kataku, orang macam apa dia? Dia hanyalah wanita yang inferior, vixen dengan sekantong trik untuk memikat Anda. Kataku, apakah kamu mencintainya karena dia bisa memutar tarian yang menawan? Tapi saya juga bisa. Apakah Anda ingin melihat?

Tidak pernah kulihat ekspresi wajahmu jadi bengkok. Anda mengatakan bahwa Anda kecewa dengan saya. Dengan hati yang begitu sempit, aku tidak layak menjadi Ratu. Tidak peduli apakah saya setuju atau tidak, pikiran Anda telah ditetapkan.

Ketika Anda pergi, itu adalah dengan hati penuh kemarahan - kemurkaan Kaisar.

Aku mengejar Anda, menanyakan apakah Anda ingin melihat saya menari. Apakah kamu? Apakah kamu?

Anda bahkan tidak repot-repot meresponsnya.

Tapi Anda tidak menyadari bahwa itulah pertama kalinya saya menurunkan harga diri saya untuk memohon kepada Anda.

Malam itu, saya menutup diri di dalam ruangan dan menari sampai fajar menyingsing.

Pada akhirnya, akhirnya saya mengerti mengapa tarian itu dimaksudkan untuk dilakukan pada yang lain.

Karena tanpa orang lain yang mengapresiasi, tarian yang paling memikat juga akan menjadi gambaran kesepian.

Segera, Wei Zifu menjadi favorit baru Anda di dalam istana. Ketika itu terjadi, Anda berhenti datang ke Istana Changmen. Semua pelayan dan budak berkumpul bersama berkelompok saat mereka menertawakan wanita yang tinggal di istana emas yang menyedihkan itu.

Tidak mengherankan bila topik diskusi terbaru adalah saat wanita bernama Wei Zifu akan menjadi Ratu baru.

Tujuh

Tahun ke- 4 era Yuanguang dari Dinasti Han. Salju yg turun.

Aku berdiri di teras Istana Changmen dan melihat salju menumpuk di halaman. Bahkan saat aku memegang kecapi di tanganku, entah bagaimana, aku tidak bisa memainkan satu nada pun.

Suatu hari, saya bertemu Zhuo Wenjun, putri Zhuo Wangsun.

Zhuo Wenjun adalah wanita cantik dan anggun. Meski wajahnya berbaur dengan kebahagiaan, ia tidak menyembunyikan kesedihan di matanya.

Dia memainkan lagu Two Phoenixes. Saya belum pernah mendengar lagu merdu seperti itu, seolah-olah itu adalah hadiah dari Surga.

Zhuo Wenjun menceritakan kisah-kisah tentang Sima Xiangru.

Dia mengatakan bahwa tidak akan pernah ada orang yang bisa menggerakkan hatinya seperti dia. Saat dia mengucapkan kata-kata ini, tidak ada bekas malu dalam sikapnya. Dia wanita yang percaya diri dan keras kepala.

Dia berkata kepadaku, Yang Mulia, aku iri padamu. Kaisar benar-benar menghargai Anda - untuk Anda, dia membangun sebuah istana emas.

Kukatakan padanya bahwa cinta itu seperti sepotong kain yang indah. Bila Anda ingin menghargainya dengan menyembunyikannya, itu hanya akan mempercepat penggelontorannya menjadi lipatan yang tak terhitung banyaknya.

Semakin Anda mencoba berpegang pada cinta, semakin cepat ia menyelinap melalui genggaman Anda.

Liu Che, saya hanya tahu semua ini, karena ini adalah pelajaran yang Anda ajarkan kepada saya.

Delapan

Semua orang mengatakan bahwa Wei Zifu adalah wanita yang santai dan rendah hati, sekaya dia baik hati.

Bahkan kamu.

Jadi saya tidak pernah mengatakan kepada Anda bahwa itu adalah Wei Zifu yang membingkai saya karena melakukan sihir.

Saya telah dianiaya melebihi keselamatan, dan Anda yakin bahwa saya adalah dalang.

Dalam penangkapan besar yang melanda seluruh negeri, saya ditangkap.

Sepanjang semuanya, ekspresimu lebih dingin daripada es.

Di sampingmu berdiri Wei Zifu, lembut dan cantik.

Sembilan

Tahun ke- 5 era Yuanguang dari Dinasti Han. Musim semi.

Pada tahun kelima era Yuanguang, Istana Changmen telah lama jatuh dari hari-hari kemewahannya menjadi istana yang dingin.

Musim semi yang tiba tahun itu membawa pulang dingin yang paling pahit yang pernah saya alami dalam dua puluh enam tahun kehidupan saya.

Anda tiba di Istana Changmen, membawa serta Anda kegembiraan kota Chang'an yang keras. Anda mengatakan bahwa hati saya iblis seperti ular, dan saya tidak mampu berbuat kebajikan. Anda mengatakan bahwa saya tidak cocok untuk menjadi seorang Permaisuri, Bunda yang saleh di negara ini.

Anda mengumumkan keputusan untuk menggulingkan saya.

Aku menerima gulirmu dari tangan sida-sida itu.

Pelan-pelan, saya berkata kepada Anda: jika Anda mengumumkan keputusan ini sekali lagi, saya akan menerimanya.

Jika - Anda - mengumumkan

Kupikir perak rasa kasihan akan meningkat di hatimu. Sekalipun saya menjadi seorang Permaisuri yang diremehkan dan digulingkan, saya tetap memiliki tempat di dalam hati Anda.

Posisi yang tidak pernah bisa digantikan dengan yang lain.

Bagaimana mungkin Anda tidak tahu dari awal sampai akhir, saya tidak peduli dengan mahkota berharga milik seorang Permaisuri? Aku hanya takut sejak saat itu, aku akan kehilanganmu selamanya.

Tapi aku masih kehilangan kamu.

Anda sempat ragu sejenak. Aku melihat air mata di sudut matamu.

Lalu kau memalingkan kepalaku.

Dengan punggung menghadap ke arahku, Anda mengulangi keputusan itu sekali lagi.

Tanyaku, maukah kamu tetap datang ke Istana Changmen? Maukah kamu?

Hari itu, untuk pertama kalinya, saya menari untuk Anda.

Namun, tarian pertama saya menemani pengucilan saya. Desersi Anda

Hari itu, semua orang di kota Chang'an menangis.

Tuduhan saya melakukan percampuran sihir melibatkan ratusan orang, dan Anda memerintahkan agar semuanya dieksekusi tanpa kecuali. Kudengar di tempat eksekusi, bahkan algojo yang paling keras pun tampak terpukul oleh pertumpahan darah itu.

Hari itu, Wei Zifu dinobatkan sebagai Ratu Wanita Han yang baru.

Sepuluh

Sudah lama sekali sejak terakhir Anda mengunjungi Istana Changmen.

Seharusnya aku tidak menyimpan harapan, namun aku masih terus memeluk kecapi saya setiap hari, menunggu kedatangan Anda. Seiring berlalunya waktu, saya mulai layu. Dokter kekaisaran mengatakan bahwa penyakit saya adalah penyakit jantung. Mereka takut jika ini berlanjut, saya akan ...

Aku sangat ingin bertemu denganmu sekali lagi. Tapi baru pada saat saya berdiri di teras Istana Changmen, saya berhasil melihat sekilas Anda. Dari teras Istana Changmen, saya bisa melihat bagian dalam Istana Changle. Aku melihatmu, menatap lembut Wei Zifu saat kalian berdua berdiri di dalam Changle. Terkadang, Anda akan melihat ke arah istana saya, namun tandu Anda tidak pernah tiba di Changmen.

Akhirnya, saya menaruh rasa bangga saya dan memohon kepada Sima Xiangru untuk membuat sebuah puisi untuk saya. Gunakan kata-kata yang paling tulus untuk menceritakan perasaan tulus saya.

Sebelum saya menyia-nyiakan terakhir masa muda dan kecantikan saya, saya ingin bertemu dengan Anda untuk yang terakhir kalinya.

Ode dari Changmen adalah hadiah Sima Xiangru untukku.

Ini mendorongnya untuk terkenal, tapi pada akhirnya, itu tidak membawa Anda kepada saya.

Sima Xiangru mengatakan kepada saya bahwa Anda telah menulis surat kepada saya, berjanji untuk menemui saya di Istana Selatan pada siang hari keesokan harinya.

Aku mengambil kembali pemenggalan yang telah lama tak kusentuh dan mulai menarik wajahku. Di balik istana Changmen yang dingin, bunga-bunga itu tumbuh subur, warnanya mempesona. Kelopak besar, sama mencoloknya dengan darah merah.

Saya menunggu satu hari -

Kamu tidak datang

Aku menunggu selama tiga hari. Saya tidak makan dan saya tidak tidur.

Dan Anda - Anda tidak datang.

Kemudian, saya mendengar dari bisik-bisik yang menyebar bahwa Wei Zifu telah menggunakan penyakit anaknya untuk menghentikan Anda agar tidak muncul. Jelas bagi semua yang dia punya motif. Setiap detik dalam hidupnya, dia terus-menerus waspada untuk melindungi kebahagiaan yang telah dia raih dariku, takut semuanya akan kembali seperti dulu.

Kudengar selama tiga hari tiga malam ini, kau tetap tinggal di Istana Changle di samping tempat tidur Pangeranmu, anakmu dengan Wei Zifu.

Saya mendengar bahwa Wei Zifu menempatkan anak Anda ke dalam air mandi yang dingin selama lebih dari dua jam, menyebabkan dia terkena flu berat.

Sebelas

Lama kemudian, saya mulai mengerti nilai istana emas.

Jika Wei Zifu mencintaimu, maka ceritanya hanya bisa berakhir seperti yang saya lakukan.

Orang sering mengatakan bahwa batas cinta berada pada kemampuan seseorang untuk bertahan - untuk bertahan dalam kenyataan bahwa pria yang kita cintai memiliki tiga istri dan empat selir.

Wei Zifu berhasil mentoleransi. Jadi, dia menemanimu di sampingku selama tiga puluh delapan tahun.

Dia bisa melakukannya karena dia tidak mencintaimu.

Selama ini, yang dia inginkan tidak pernah cinta.

Jika, dari awal, yang saya inginkan hanya tahta yang berharga dari seorang Permaisuri, mungkin saya tidak akan kehilangan Anda secepat yang saya miliki.

Tapi aku ingin menjadi satu-satunya, seperti bagaimana Zhuo Wenjun adalah satu-satunya Sima Xiangru.

Aku menginginkan cinta seperti milik mereka.

Saya ditakdirkan untuk tidak pernah menerimanya.

Karena saya lupa bahwa saya menginginkan cinta dari seorang pria yang tidak pernah bisa mencintai saya.

Duabelas

Kemudian, sebuah kebakaran besar meletus di dalam Istana Changmen. Api yang menyala terbakar sepanjang hari. Istana emas mewah yang dulunya sangat megah itu direduksi menjadi abu dalam semalam.

Aku berdiri di sana dan tertawa. Tertawa sampai air mata jatuh dari mataku.

Apa yang dihancurkan kebakaran adalah cinta yang setiap orang cemburu. Cinta kosong, dibangun di atas emas.

Banyak orang berkumpul di sekitar reruntuhan Istana Changmen. Mereka menangis. Aku melihat ibuku di antara mereka, matanya tertelan kesedihan. Pada tahun-tahun yang telah berlalu, kesombongan di dalam dirinya telah lama terhambat oleh Anda, dan dia telah direduksi menjadi wanita yang lemah.

Ibuku berpegangan pada lengan baju Anda, seperti yang dimiliki ibu mana pun, menangis saat dia memohon kematian untuk melepaskan pegangannya pada saya.

Katanya, kembalikan putriku ke aku.

Putri saya yang cantik, cerdas, taat.

Hari itu, kamu tidak marah.

Bahkan saat ibuku melupakan statusnya dan menarik jubahmu dalam kesedihannya, kau tidak marah.

Karena kau sama dukacita seperti dia. Anda berlutut di halaman di luar reruntuhan Istana Changmen.

Wei Zifu berkata, Yang Mulia, jangan sedih.

Dia menepuk punggungmu.

Anda mendorongnya menjauh bahkan saat Anda terus berputar di kedalaman kesedihan dan kesendirian yang tak tertahankan, bergumam dengan tergesa-gesa pada diri Anda sendiri.

Anda mengatakan bahwa Anda telah membiarkan Ah Jiao turun -

Di dalam istana yang luas ini, satu-satunya orang yang benar-benar mengerti Anda hanyalah Ah Jiao.

Bahwa semua wanita lain mencintaimu seperti mereka mencintai Kaisar, tapi Ah Jiao adalah satu-satunya yang mencintaimu seperti dia mencintai suaminya.

Anda bilang, tentu saja Anda mengerti. Bagaimana tidak?

Tapi Anda adalah Kaisar, dan Kaisar dilarang untuk mencintai.

Cinta adalah kelemahan yang tidak dimiliki Kaisar.

Anda bilang, jika benar-benar ada kehidupan kedua, membiarkan kita berdua terlahir kembali sebagai orang biasa, jauh dari perebutan kekuasaan istana kekaisaran.

Pada akhirnya, Anda tidak membiarkan mereka menutup peti matiku.

Dengan kemegahan yang sesuai dengan Permaisuri, Anda mengadakan pemakaman saya.

Untuk waktu yang lama setelah itu, Anda tetap tidak dapat dihibur. Seperti anak yang hilang, Anda menatap reruntuhan Istana Changmen. Anda membuat Simia Xiangru mengulangi Ode of Changmen berulang-ulang.

Anda bilang bahwa Anda baru saja meninggalkan saya, memperlakukan saya dengan sangat dingin saat itu, karena Anda ingin menundukkan diri yang sombong. Anda mengatakan bahwa saya terlalu dingin dan menyendiri. Bahwa aku tidak pernah membungkuk kepadamu. Bahwa Anda hanya ingin mengubah saya.

Keberadaan Wei Zifu adalah usaha Anda untuk menundukkan saya. Jika saya telah belajar untuk menyetujui keinginan Anda, Anda tidak akan pernah membawa Wei Zifu kembali ke istana.

Anda mengatakan Wei Zifu adalah saya -

Pengganti sesuai dengan keinginan Anda.

***

Anda berlutut, menutupi wajah dengan tangan.

Anda sepertinya pernah mendengar suaraku, berlama-lama dengan dukacita. Anda memalingkan kepala untuk melihat, mata Anda mencari, tapi Anda tidak bisa melihat saya.

Saat burung bernyanyi dan bunga-bunga mekar, seekor kupu-kupu berkibar di langit, jatuh perlahan.

Anda tidak pernah tahu bahwa saya pernah terbang di sisi Anda.

Bahwa saya mampir ke bahu Anda, meniupkan air mata Anda.

Angin sepoi-sepoi, ringan dan lembut.

Kemudian, saya hanya seekor kupu-kupu kecil, menggunakan keseluruhan hidup saya untuk membiarkan Anda mengingat seorang wanita bernama Chen Jiao.

Tigabelas

Sang Buddha mengatakan bahwa kupu-kupu tidak memiliki jiwa.

Jadi, ketika saya berubah menjadi kupu-kupu dengan sepasang sayap hitam dan mata yang jernih, saya berpikir bahwa saya tidak akan pernah mengalami cinta dan kesedihan lagi.

Lama kemudian, saya akhirnya layu di bahu Anda. Saya telah terbang di atas gunung-gunung besar dan lautan yang luas hanya untuk Anda - untuk melihat Anda untuk yang terakhir kalinya.

Tapi Sang Buddha tidak pernah memperingatkan saya bahwa kupu-kupu dilarang merindukan masa lalu mereka -

Harga yang kami bayarkan akan dilucuti, tidak akan pernah terlahir kembali.

Tapi saat aku memudar, aku mendengar suaramu, berbisik lembut:

Di kehidupan kita selanjutnya, mari kita mulai lagi.